Jumat, 27 Juni 2014

HypnoTeaching untuk Ayah/Ibu


HypnoTeaching untuk Ayah/Ibu

Kebanyakan dari orang tua jaman sekarang mementingkan memiliki anak ketika sudah menikah tanpa memikirkan bagaimana menjadi seorang ayah atau ibu yang baik untuk anaknya nanti. Memang untuk menjadi seorang ayah atau ibu yang baik tidak ada sekolahnya tetapi kita bisa belajar dari buku ataupun dari pengalaman orang yang lebih berpengalaman. Kenapa menjadi seorang ayah atau ibu yang baik itu perlu? Karena setiap hal yang baik pasti akan berbalas yang baik juga, sama seperti halnya kita merawat seorang anak dengan penuh rasa kasih sayang maka anak itu pun nantinya akan tumbuh menjadi pribadi yang baik dan juga sayang kepada kita. Mungkin lingkungan dan pergaulan bisa mempengaruhi si anak dalam perkembangannya tetapi itu kembali kepada kita selaku orang tua karena anak yang patuh kepada orang tua pasti lebih mendengarkan perkataan orang tuanya ketimbang teman-temannya, dan kenapa bisa demikian? Karena si anak merasa orang tuanya ialah orang tua yang baik dan selalu memberi yang terbaik padanya, hal itulah yang membuat si anak lebih mendengarkan orang tuanya. Tetapi jika orang tuanya terkesan tidak memperhatikan anaknya dan terlalu membiarkan anaknya berkembang sendiri tanpa adanya pengawasan maka besar kemungkinannya si anak akan lebih memilih mendengar perkataan temannya ketimbang orang tuanya. Mungkin ini terdengar aneh bagaimana mungkin seorang anak lebih memilih teman ketimbang orang tua tetapi di kenyataannya itu banyak terjadi seperti kasus geng motor, tauran pemuda dan segala macam perbuatan yang merugikan yang dilakukan gerombolan pemuda. Kebanyakan dari anak-anak yang seperti itu berasalan memilih teman karena selalu ada untuk dirinya dan lebih memperhatikan mereka, dan banyak juga dari mereka tau hal yang mereka lakukan salah tetapi karena ajakan teman sendirilah yang mereka tidak bisa menolaknya. Rata-rata dari para anak yang seperti ini memiliki orang tua yang acuh tak acuh pada anak mereka sendiri, dan hal itu berlangsung dari perkembangan anak.

Masihkah kita lebih memilih untuk cepat-cepat memiliki keturunan dan tidak memperhatikan bagaimana perkembangannya nanti? Tentu tidak, karena akan lebih indah ketika kita sudah memiliki kemampuan yang cukup untuk mendidik anak dan sudah berkomitmen untuk menjadi seorang ayah atau ibu yang baik. Dengan hal ini lah kita dapat menjadikan anak kita nantinya menjadi pribadi yang baik sesuai keinginan kita ataupun keinginannya nanti ketika dia sudah lebih tau. Perlu kita ketahui semua pribadi manusia itu baik adanya tetapi tergantung bagaimana kita mengakui dan menganggap rasa baik itu benar ada didalam diri kita atau hanya perasaan kita saja, dan disinilah peran orang tua yang baik untuk membimbing si anak menjadi pribadi yang baik dengan caranya sendiri. Karena sudah pasti tiap orang tua memiliki caranya tersendiri dalam  membimbing dan mendidik anaknya, apa lagi tiap anak itu pasti memiliki daya tangkap yang berbeda sehingga berbeda pula perlakuan yang harus diberikan.

Disini saya juga ingin mempromosikan salah satu pelatihan yang dapat membantu kita dalam memahami bagaimana gaya belajar anak sehingga dapat mempermudah dalam proses belajar, mendidik dan ketahui bagaimana cara memberi perintah kepada anak secara persuasive. Nama pelatihannya ialah HypnoTeaching dan pelatihan bisa diikuti oleh orang tua, guru, dosen, trainer dan fasilitator. Banyak hal bermanfaat yang bisa diambil jika mengikuti pelatihan ini, diantaranya ialah: lebih mudah menyampaikan pelajaran atau arahan kepada orang lain, terampil mengelola keadaan untuk orang lain. HypnoTeaching ialah seni berkomunikasi kepada para pembelajar dengan menitik beratkan pada pengembangan potensi pikiran bawah sadar (unconscious mind) sehingga tercipta proses belajar yang efektif , menyenangkan dan membawa perubahan. Disini kita akan langsun mempengaruhi atau pun membentuk pola piker orang lain dengan cara berkomuikasi dengan pikiran bawah sadarnya, karena kita dalam bertindak kebanyakan dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar kita yang meringankan pikiran sadar kita. Bagaimana jika kegiatan bawah sadar kita dilakukan oleh pikiran sadar kita? Pasti kita akan kesusahan dan fokus kita akan menjadi banyak. Dan karena itulah pikiran bawah sadar sangat berperan penting dalam kehidupan kita sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar